Friday 25 March 2016

Ketika Robot Menjadi Ancaman Bagi Manusia, sadarlah fakta yang sebenarnya: Manusia adalah Ancaman Bagi Sesama Manusia.

Beberapa waktu terakhir ini, dunia dihebohkand engan menyataan Robot ciptaan manusia yang bernama Sophia bahwa Sophia ingin menghancurkan manusia (Sumber: www.techtimes.com/articles/143406/20160324/realistic-human-like-robot-sophia-cheerfully-says-she-wants-to-destroy-humans.htm)


Robot ini diciptakan untuk kebaikan, melindungi dan keamanan manusia dari seluruh hal-hal negatif. Ada yang mengatakan bahwa perkataan robot tersebut adalah sekadar canda bersama penciptanya, namun sebagian orang melihat ini adalah hal yang serius.

Mengingat filmrobot atau artificial inteligent lainnya seperti Avenger: Age of ultron, di dalam film-film tersebut mengisahkan bagaimana robot akhirnya menjadi ancaman bagi manusia, bahkan robot tersebut ingin memusnahkan manusia. Ultron adalah artificial inteligent yang diciptakan oleh Iron Man untuk melindungi manusia dari kejahatan, tetapi akhirnya Ultron bercita-cita untuk memusnahkan para super hero dan manusia.

Yang menjadi pertanyaan bagi kita adalah bagaimana mungkin robot yang diciptakan untuk menjaga perdamaian akhirnya mengancam kelangsungan hidup manusia? Satu hal yang menarik adalah fakta yang ditemukan dan dipelajari oleh Ultron bahwa manusia, termasuk para super hero memiliki sisi jahat. Apalagi para superhero atau avengers yang memiliki kemampuan super tersebut. Jikalau manusia biasa saja memiliki sisi jahat, bagaimana jikalau para super hero tersebut menggunakan kekuatannya untuk kejahatan? Dengan melihat fakta tersebut, Ultron menyimpulkan bahwa manusia adalah ancaman bagi manusia yang lain, Avengers adalah ancaman bagi keamanan dunia. Karena itu Ultron sampai kepada keputusan bahwa untuk membuat dunia ini menjadi dunia yang lebih baik dan indah, maka manusia yang memiliki sisi jahat harus dimusnahkan. Karena semua manusia memiliki sisi jahat, maka semua manusia harus dimusnahkan.

Respon yang saya temukan dari para penonton adalah Ultron itu jahat. Demikian juga orang-orang yang membaca berita bahwa robot realistic Sophia ini menjadi ancaman bagi manusia. Mungkin ada benarnya kekhawatiran tersebut. Namun, ada satu hal yang menjadi refleksi manusia: penyebab tindakan yang dilakukan oleh Ultron atau robot seperti sophia tersebut. Mengapa mereka ingin menghancurkan manusia? Jawabannya: karena manusia adalah ancaman bagi sesamanya. Manusia jahat terhadap sesamanya. Thomas Hobes mengatakan, "Manusia adalah serigala bagi sesamanya." Ini fakta yang harus diterima oleh manusia, setelah mampu menerima nya maka manusia harus bercermin kepada diri sendiri dan berani menjawab pertanyaan: apakah aku adalah "serigala" bagi sesamaku?

Kita melihat fakta yang terjadi bagaimana manusia melakukan sesuatu yang kejam terhadap sesamanya. Mereka membasmi, membunuh, memfitnah, menganiaya. Dan tidak sedikit kekerasan dan kekejaman tersebut dilakukan atas dasar agama. Ini hal yang memalukan dan fakta yang harus kita terima.

Jangan selalu saja menyalahkan dan menganggap robot-robot masa depan ini menjadi ancaman bagi manusia, padahal fakta sebenarnya adalah manusia adalah ancaman bagi sesama manusia ketika kita tidak mau bercermin dan memperbaiki diri.

1 comment:

  1. wuehehe..
    hai hai hai..
    ternyatah dirimu penulis juga bank.. :)

    ReplyDelete

Artikel Terpopuler

Saturn Devouring His Son - Fransico Goya (1819)

Salah satu lukisan yang paling mengerikan sepanjang sejarah: Saturn devouring his son yang dilukis oleh pelukis spanyol Francisco Goya (18...