Monday 29 February 2016

Perihal Kebijaksanaan #16 - Menjadi Bijaksana Demi Orang Lain (juga)

Amsal 23:15 Hai anakku, jika hatimu bijak, hatiku juga bersukacita.
Salah satu akibat dari orang yang memiliki kebijaksanaan adalah membuat orang-orang yang ada disekitarnya menjadi berbahagia. Pada bagian ini penulis Amsal menyamakan dirinya sebagai seorang tua yang bersukacita ketika anaknya memiliki kebijaksanaan. Inilah hal yang perlu direnungkan untuk menjadi seorang bijaksana. Kebijaksanaan tersebut tidak hanya menguntungkan bagi diri sendiri tetapi memberikan keuntungan bagi orang lain, misalnya saja keluarga kita.
Dengan kebijaksanaan kita, maka sudah jelas orang terdekat kita menjadi orang yang bersukacita. Tidak sedikit dari orang tua yang mengalami tekanan karena memiliki anak yang tidak memiliki kebijaksanaan sedikitpun, namun ketika seorang anak menjadi seorang yang bijaksana itulah yang membawa kesukaan bagi orang tua. Dengan kebijaksanaan maka orang tua tidak perlu khawatir dengan segala keputusan dan tidakan yang dilakukan oleh anaknya. Orang tua tidak perlu khawatir anaknya akan bergaul dengan siap, tidak perlu khawatir jikalau anaknya terlalu tergesa-gesa di dalam mengambil keputusan akan hidup dala profesi apa, tidak peru bingung apakah anaknya mampu untuk memilih pasangan hidup yang tepat. Kekhawatiran akan terlepas dari beban orang tua dan inilah yang membawa sukacita bagi mereka.

Selain ingin hidup di jalan Tuhan, maka motivasi kita adalah untuk menyenangkan orang-orang yang ada di sekitar kita. Sekali lagi, semangat ini akan menjadikan kita menjadi orang yang selfless. Dosa keinginan untuk tidak hidup berbijak dan hidup di dalam cara pikir dunia ini adalah pemikian yang egois karena hanya ingin menyenangkan diri tanpa memperdulikan begitu banyak orang yang terluka karena kehidupan kita yang tidak bijaksana.

No comments:

Post a Comment

Artikel Terpopuler

Saturn Devouring His Son - Fransico Goya (1819)

Salah satu lukisan yang paling mengerikan sepanjang sejarah: Saturn devouring his son yang dilukis oleh pelukis spanyol Francisco Goya (18...