Sunday 8 October 2017

Basilika Santo Petrus.



Basilika menurut pengertian sekarang berarti gereja. Basilika St. Petrus terletak di Vatikan. Pada mulanya Basilika berarti bangunan publik. Namun dalam perkembangannya, paska kerajaan Romawi menjadi kerajaan Kristen, kata Basilika selalu berarti gereja. Basiliki Santo Petrus merupakan basilika terbesar di dunia yang pernah dibuat. Basilika itu semula dibuat sebagai monumen peringatan kematian Petrus, murid Yesus yang mati martir. Kuburan Petrus dijadikan sebuah gereja. Kuburan Petrus tepat terletak di altar utama. Basilika ini dibangun dengan gaya Renaisance dengan empat perancang utama: Donato Bramante, Michelangelo, Carlo Maderno dan Gian Lorenzo Bernini.
                Semula Basilika ini dibangun oleh Kaisar Konstanstin I pada tahun 326. Namun sekitar 1300 tahun kemudian bangunan ini perlahan-palan runtun. Paus Nikolas V kemudian berinisiatif untuk membangun ulang kuburan Petrus ini menjadi basilika yang terbesar di dunia dan pembangunannya memakan waktu sekitar 120 tahun.

No comments:

Post a Comment

Artikel Terpopuler

Saturn Devouring His Son - Fransico Goya (1819)

Salah satu lukisan yang paling mengerikan sepanjang sejarah: Saturn devouring his son yang dilukis oleh pelukis spanyol Francisco Goya (18...