Monday 25 December 2017

Lukisan Surga oleh Jan Brueghel the Younger (1620).




Lukisan ini adalah sebuah karya yang me-visualisasi apa yang dikatakan oleh nabi Yesaya pada kitab nya tentang surga. Dimana semua binatang yang sebelumnya saling memangsa, manusia yang dimangsa binatang, maka di surga semua akan berdamai. Dilukisan tersebut digambarkan tikus bisa berdiri berdekatan dengan kuncing, rusa tidak berlari meskipun berada dekat dengan singa.
Sebenarnya gambaran surga tersebut seharusnya sudah dimaknai oleh manusia ketika masih berada di bumi ini. Tapi sayangnya sejarah membuktikan manusia lebih suka pertengkaran dan peperangan.. Sejarah panjang hidup manusia adalah sejarah tentang peperangan dan intrik politik yang menggunakan isu apapun yang mereka anggap sensitif dan dapat memancing pembentukan kelompok-kelompok di dalam masyarakat. Sayangnya, manusia yang tidak haus kekuasaan, yang tidak punya kepentingan politik pun gampang terperdaya.

No comments:

Post a Comment

Artikel Terpopuler

Saturn Devouring His Son - Fransico Goya (1819)

Salah satu lukisan yang paling mengerikan sepanjang sejarah: Saturn devouring his son yang dilukis oleh pelukis spanyol Francisco Goya (18...