Friday 17 March 2017

Mohandhas Gandhi - Menemukan Mahatma (Jiwa Besar) dibalik penderitaan.


Dia terlahir dengan nama Mohandhas, bukan Mahatma. Mahatma adalah julukan yang diberikan kepadanya karena perjuangannya atas nama keadilan terhadap setiap manusia. Sebelum sampai di Afrika Selatan, dia masih meraba-raba apa yang menjadi tujuan hidupnya. Dia mencari kenyamanan sebagai kelas menengah ke atas warga jajahan inggris. Namun nasib berkata lain. Hidupnya penuh penderitaan ketika mengharapkan kenyamanan dan jenjang karir di Afrika Selatan. Kebudayaan sorban nya dihina bahkan tidak sekali dua kali dia mendapatkan kekerasan secara fisik yang hampir merenggut nyawanya. Namun dalam ketidakadilan dan penderitaan tersebutlah dia mendapatkan panggilan hidupnya. Mulai dari derita di Afrika Selatan, dia berjuang untuk keadilan terhadap setiap manusia. Dia melawan kekerasan dengan cinta kasih. Tamparan terhadap pipi kiri dia balas dengan memberikan pipi kanan. Alhasil dia menang melalui idealisme yang dipraktikkan di dalam hidupnya. Penderitaanlah yang membawanya menemukan Mahatma (Jiwa Besar), mulai dari penderitaanlah dia disebut sebagai Mahatma Gandhi.
Ketika kita berhasil menemukan makna dan pelajaran dibalik penderitaan, maka hidup kita akan memiliki arah dan kita mampu berlari lebih kencang, seperti kuda yang dipecut yang semakin menderita maka dia akan semakin berlari kencang.
Hellen Keller mengatakan karakrer tidak bisa dibentuk dengan mudah dan cepat. Hanya melalui penderitaan dan ujian maka jiwa kita dapat dikuatkan dan kesuksesan didapatkan.


No comments:

Post a Comment

Artikel Terpopuler

Saturn Devouring His Son - Fransico Goya (1819)

Salah satu lukisan yang paling mengerikan sepanjang sejarah: Saturn devouring his son yang dilukis oleh pelukis spanyol Francisco Goya (18...