Friday 17 March 2017

Mohandhas Gandhi - Semua Manusia Mulia

Semula adalah seorang yang dipandang rendah karena tubuh yang lemah, kecil, terlebih lagi pemalu. Di zamannya, tidak ada yang tahu di masa depan dia akan menjadi salah satu orang terpenting yang menginspirasi dunia. Sejak kecil dia sudah biasa disepelekan, kemampuan nya sebagai seorang penasihat hukum pun tidak cemerlang. Dia tidak bisa berargumen karena gugup di muka umum. Namun, dia tidak pantang menyerah. Dia terus menatap masa depan karena prinsip: SETIAP KEHIDUPAN MANUSIA HARUS DIHARGAI YANG DIMULAI DARI MENGHARGAI HIDUP SENDIRI.
Mohandas Gandhi, salah seorang yang paling menghargai kehidupan orang lain di abad 20.
Siapapun kita, berasal dari keluarga bagaimanapun, sebagaimana raut wajah kita, dan segala macam keadaan kita seharusnya tidak membuat kita merendahkan diri kita sendiri. Dengan semangat itu kita mampu menatap masa depan karena setiap manusia memiliki tujuan yang mulia.
Dengan semangat itu jugalah, marilah kita juga menghargai hidup orang lain. Tidak perlu menghina, menolak mereka hanya karena ketidakmampuan kita memahami diri kita, orang lain, dan pastinya itu adalah sikap yang yang sama sekali tidak mengenal Tuhan.


No comments:

Post a Comment

Artikel Terpopuler

Saturn Devouring His Son - Fransico Goya (1819)

Salah satu lukisan yang paling mengerikan sepanjang sejarah: Saturn devouring his son yang dilukis oleh pelukis spanyol Francisco Goya (18...