Tuesday 21 March 2017

Romeo Dallaire - NURANI KEMANUSIAAN YANG BELUM MATI.

Romeo Dallaire - NURANI KEMANUSIAAN YANG BELUM MATI.

Dia adalah seorang komandan tentara pasukan perdamaian PBB di Rwanda. Meskipun dilarang turut campur di dalam perang sipil dan diwajibkan untuk menyelamatkan jiwanya, dia justru menantang ancaman maut. Setiap yang menganggap dirinya orang yang lebih "beradab" melarikan diri tanpa memiliki rasa kewajiban. Dallaire bukan sekadar sebagai saksi pembataian sekitar 1 juta orang Tutsi oleh Hutu, tetapi juga berbuat sesuatu yang diapresi oleh dunia saat ini. Dia dengan pasukannya yang tersisa, menyelamatkan puluhan ribu nyawa dari upaya genosida. Dallaire menganggap penderitaan sesama sebagai bagian tanggungjawabnya, karena ikatan kemanusiaan. Ketika dunia berpura-pura tidak mendengarkan teriakannya, dia dengan isakan tangis menganggap bahwa kematian ratusan ribu bahkan satu juta jiwa sebagai kegagalannya karena tak mampu berbuat apa-apa.

Era modern yang penuh dengan tawaran kenikmatan yang bersifat egois, mengubah manusia yang bernurani menjadi mesin pencari kenikmatan tanpa merasa penderitaan dan kesulitan orang lain sebagai sebuah tanggungjawab sebagai sesama manusia. Mungkin kini saatnya kita belajar dari Dallaire untuk menanam, memupuk, dan menumbuhkan rasa empati atas dasar ikatan kemanusiaan.

No comments:

Post a Comment

Artikel Terpopuler

Saturn Devouring His Son - Fransico Goya (1819)

Salah satu lukisan yang paling mengerikan sepanjang sejarah: Saturn devouring his son yang dilukis oleh pelukis spanyol Francisco Goya (18...