Thursday 30 April 2015

ARSITEKTUR MESOPOTAMIA: Perpustakaan Assurbanipal

Perpustakaan Assurbanipal. Perpusatakaan ini dibangun oleh raja Neo-Asyur yang terbesar terakhir, yaitu Assurbanipal. Perpusataan ini adalah perpustakaan yang tertua yang ditemukan sampai saat ini. Penemu dari perpustaan ini adalah Austen Henry Layard, di Irak. Diperkirakan perpustakaan ini dibangun pada abad VII SM. Perpustakaan ini digunakan oleh Assurbanipal untuk menyimpan lebih dari 30.000 kepingan tulisan khususnya dari seluruh wilayah Mesopotamia. Dia membayar para ahli untuk menyalin tulisan-tulisan ternama pada waktu itu. Sehingga tidak mengherankan Assurbanipal menguasai berbagai bahasa dari kerajaan lain. Salah satu kepingan tulisan yang ditemukan di dalam perpustakaan ini adalah kisah Gilgamesh yang begitubterkenal. Selain itu ditemukan juga tulisan-tulisan tentang bagaimana cara membuat gelas, membuat parfum, kisah-kisah mitos, tentang berdoa, dan juga dokumen-dokumen administrasi.

Diperkirakan Alexander datang untuk melihat perpustaan ini sehingga dia terinspirasi untuk membuat perpustakaan miliknya sendiri. Namun sayangnya, Alexander tidak dapat mewujudkan impiannya tersebut ketika dia hidup. Sahabat dan penerusnya di Mesir, Ptolomeus mewujudkan impannya tersebut dan memberikan nama perpustaan tersebut Perpustakaan Alexandria. 



Beberapa kepingan dari perpustaan ini sudah diangkat ke British Library di London, Inggris.

No comments:

Post a Comment

Artikel Terpopuler

Saturn Devouring His Son - Fransico Goya (1819)

Salah satu lukisan yang paling mengerikan sepanjang sejarah: Saturn devouring his son yang dilukis oleh pelukis spanyol Francisco Goya (18...