Monday 13 July 2015

ARSITEKTUR KLASIK ROMAWI KUNO - Pantheon


Pantheon adalah sebuah arsitektur yang terletak di Roma, Italy. Dibangun oleh Marcus Agripha, seorang negarawan, arsitek, dan jendral Romawi. Bangunan ini dibangun pada tahun 27 M dan selesai pada pemerintahan Hadrian, pada tahun 126 M. Panthenon adalah salah satu bangunan yang terpelihara dengan baik. Bangunan ini memiliki dome yang terbesar sampai sekarang. Pada awalnya aristektur ini digunakan untuk menyembah tujuh dewa Romawi: Matahari, Bulan, Venus, Saturnus, Jupiter, Merkurius, dan Mars. Setelah Romawi menjadi kerajaan Kristen, maka bangunan Pantheon diubah menjadi gereja kemudian didedikasikan kepada Maria, ibu Yesus, dan para martir. Nama Pantheon ini secara informal disebut sebagai Santa Maria Rotonda.

Pada zaman Renaissance, Pantheon digunakan juga menjadi kuburan. Salah satu orang yang dikubur di sana adalah seniman Raphael dan juga Annibale Carracci. Komposer Arcangelo Corelli, and dan arsitek seperti Baldassare Peruzzi juga dikubur di sana.




No comments:

Post a Comment

Artikel Terpopuler

Saturn Devouring His Son - Fransico Goya (1819)

Salah satu lukisan yang paling mengerikan sepanjang sejarah: Saturn devouring his son yang dilukis oleh pelukis spanyol Francisco Goya (18...