Saturday 23 January 2016

Kejadian 31:22-55 - Alasan Mengapa Tuhan Senantia Melindungi Yakub.

Referensi: Kejadian 31:22-55
Merenungkan tentang Laban dan Yakub. Sangat membingungkan. Yakub adalah seorang penipu, Laban juga sama. Bahkan dalam kasus ini, Yakub lebih jahat. Di pihak Yakub, tidak hanya Yakub tetapi istrinya, Ribka juga adalah seorang penipu. Tetapi mengapa Tuhan selalu melindungi Yakub? Dari cengkraman Esau kakaknya, dari kebencian Laban, mertuanya. Alasanya sulit untuk ditemukan kecuali kita percaya bahwa Allah sudah memilih Yakub sejak dari permulaan untuk menjadi umat-Nya. Setidaksempurna apapun umat-Nya itu maka Tuhan akan proses untuk menjadi orang yang berkenan kepada-Nya. Jikalau kita mencari penyebab mengapa Tuhan senantiasa membela Yakub di dalam diri Yakub sendiri, maka kita tidak akan menemukan apapun untuk menjadi alasan sahihnya. Jawaban dari pertanyaan itu hanya bisa ditemukan dari Allah. Allah sudah memilih Yakub karena itu Tuhan menyertai Yakub senantiasa.

Prinsip ini bukan berarti setuju melihat Yakub menjadi orang yang seenaknya berbuat dosa. Alkitab dengan jelas memberikan kisah-kisah dimana Yakub harus membayar segala dosa-dosanya. Dia kehilangan ibunya, dia mendapatkan seorang istri penipu, dia ditipu oleh pamannya, dia dimanfaatkan oleh pamannya untuk mendapatkan kekayaan yang lebih besar. Jadi, ketika Alkitab mengajarkan satu prinsip: Tuhan akan melindungi umat-Nya meskipun umat tersbut tidak sempurna, bukan berarti mengajarkann bahwa umat-Nya hidup seenaknya di dalam dosa. Tuhan akan menghukum umat-Nya sendiri ketika umat-Nya tidak setia dengan seluruh perintahnya dan Tuhan telah membuktikan hal tersebut di dalam sejarah.

No comments:

Post a Comment

Artikel Terpopuler

Saturn Devouring His Son - Fransico Goya (1819)

Salah satu lukisan yang paling mengerikan sepanjang sejarah: Saturn devouring his son yang dilukis oleh pelukis spanyol Francisco Goya (18...